Media Pembelajaran Bilangan Bulat

October 25, 2017

Teknologi informasi mempengaruhi perkembangan media pembelajaran. Hal ini menimbulkan dampak munculnya bermacam-macam media. Salah satunya media berbasis android. Saat ini banyak orang yang beralih menggunakan perangkat berbasis android untuk dijadikan sebagai media dalam mengakses informasi secara mudah dan cepat, salah satunya siswa. Mengingat perkembangan teknologi yang pesat ini, dan dekatnya siswa dengan gadget, maka pembelajaran di era 21 hendaknya memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. 

Untuk memanfaatkan teknologi, khususnya android maka dikembangkan media pembelajaran guna meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV sekolah dasar. Media pembelajaran diberi nama SINAR. Media pembelajaran SINAR difokuskan untuk memberikan pembelajaran dalam nuansa bermain yang terarah pada mengkonstruksi pemahaman siswa tentang operasi hitung bilangan bulat. 

Bilangan bulat merupakan salah satu materi muatan matematika yang dibelajarkan di sekolah dasar. Bilangan bulat sendiri terdiri dari tiga bagian. Pertama adalah bilangan bulat positif contohnya 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan seterusnya. Kedua adalah bilangan nol (0), dan ketiga adalah bilangan bulat negatif contohnya -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya. Di dalam garis bilangan, letak bilangan bulat negatif berada di sebelah kiri angka nol (0). Bilangan bulat positif berada di sebelah kanan angka nol (0).

Media Pembelajaran SINAR membantu siswa dalam mengeksplorasi operasi hitung (penjumlahan dan pengurangan) bilangan bulat. [download]

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
2 December 2017 at 03:31 delete

Mantaaap media pembelajarannya pak...mempermudah siswa saya dalam memahami bilangan bulat...guru zaman now

Reply
avatar
3 December 2017 at 16:29 delete

silakan gunakan untuk pembelajaran di sekolah Bapak,... terimakasih

Reply
avatar
12 December 2017 at 00:59 delete

Keren media pembelajarannya.... Mudah digunakan... Terus berkarya... :)

Reply
avatar