Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2018

January 23, 2018


Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2018


Generasi muda Indonesia sebagai penerus bangsa tentu perlu sebuah wadah untuk menampung dan menguji ide – ide ilmiah mereka secara mendalam. Sebagai bagian dari revolusi mental, LIPI diharapkan dapat mengambil peran khususnya dalam membudayakan pemikiran ilmiah dalam diri remaja Indonesia. Penyelenggaraan kompetisi Ilmiah bagi remaja merupakan salah satu upaya pembinaan ilmiah yang dilakukan oleh LIPI.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah suatu Lembaga Pemerintahan Non-Kementerian, yang sejak berdirinya tahun 1967 telah mengalami beberapa kali perubahan struktur organisasi dan terakhir melalui Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001. Dengan persetujuan Menteri Negara Aparatur Negara, maka Kepala LIPI menetapkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 1151/M/2001, yang kemudian disempurnakan melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 3212/M/2004.

LIPI berupaya agar tiap penyelenggaraannya ada peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Diperlukan sebuah panduan umum bagi setiap calon peserta agar dapat mengikuti kompetisi dengan persiapan yang lebih matang. Oleh karena itu, disusunlah Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI ini. Buku ini terdiri dari dua bagian pokok pedoman, yakni panduan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).

LKIR merupakan kompetisi ilmiah remaja tertua di Indonesia, yang telah diselenggarakan sejak tahun 1969. Penyelenggaraan tahun ini telah menginjak usianya yang ke-50. Hal yang membedakan LKIR dengan penyelenggaraan kompetisi sejenis lainnya adalah adanya sesi pembimbingan (mentoring). Selama masa pembimbingan tersebut, para peserta yang proposalnya yang terpilih akan mendapatkan bimbingan langsung dari peneliti – peneliti LIPI dengan kepakaran yang sesuai serta mendapat kesempatan untuk menggunakan fasilitas penelitian yang dimiliki LIPI.

Adapun NYIA telah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-11. NYIA merupakan ajang yang menampilkan kreatifitas dan inovasi remaja dalam teknologi yang membantu kehidupan sehari-hari. Terdapat 6 kategori NYIA pada tahun ini, yaitu Manajemen Bencana, Edukasi dan Rekreasi, Pangan dan Agrikultur, Teknologi Ramah Lingkungan, Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan serta Kategori Teknologi untuk Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-50 dan National Young Inventors Award (NYIA) Ke-11 tahun 2018. Kami mengundang Anda, Remaja Indonesia, Pelajar SD-SMP-SMA/sederajat untuk ikut serta dalam kedua ajang tersebut.

Buku Pedoman Kompetisi serta Informasi lomba selengkapnya dapat disimak di : infokompetisi.lipi.go.id 
Pendaftaran dilakukan secara online di registrasi.infokompetisi.lipi.go.id 
Pendaftaran LKIR dibuka hingga 30 April 2018
Pendaftaran NYIA dibuka hingga 22 Mei 2018

Pemenang LKIR 2018 akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2019, sedangkan Pemenang NYIA akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2019. Share info ini kepada rekan, murid dan teman Anda!


Salam Generasi Sains Indonesia,
Panitia Kompetisi Ilmiah LIPI
#LIPI #LKIR #NYIA #KompetisiLIPI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »