Soal Pretest PPG

November 27, 2017
Dalam rangka meningkatkan kompeteni guru menuju guru yang profesional, pemerintah terus memperbaiki kualitas pendidik. Berbagai pola telah diterapkan untuk menghasilkan guru yang profesional. Tahun ini, PLPG telah dilaksanakan. Sementara itu, di tahun 2018 pola PLPG diganti dengan PPG prajabatan dan PPG dalam jabatan (PPGJ).



Untuk menjadi peserta PPGJ, calon peserta harus mengikuti serangkaian tes guna mengetahui kemampuan awal peserta. Pelaksanaan prestes ini telah dimulai tanggal 27 Novembber hingga awal Desember 2017. 
Kisi-kisi soal pretest mencakup 4 bidang antara lain sebagai berikut.
1. Tes untuk Guru sebanyak 70 soal selama 60 menit
2. Tes minat dan bakat sebanyak 15 soal dengan waktu 30 menit
3. Tes paedagogik sebanyak 15 soal selama 30 menit
4. Tes Potensi Akademik  sebanyak 40 soal selama 25 menit.  Tes TPA meliputi: 1) Kemampuan verbal, yang terdiri atas : Tes Sinonim (persamaan kata); Tes Antonim (lawan kata): Tes Padanan hubungan kata; dan Tes Pengelompokan kata. 2) Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Tes Seri huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita. 3) Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian : Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita
[link] soal-soal TPA

[download] soal-soal PPG

Dengan mengetahui sebaran soal pretest ini, diharapkan peserta dapat menyiapkan diri dalam menghadapi pretest PPG. Adanya pemetaan kemampuan awal calon peserta, besar harapaan agar pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk pendiidkan yang lebih baik. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »