Penelitian R&D

June 26, 2017
Penelitian pengembangan (R&D) merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk dalam pendidikan. Produk yang dapat berupa media pembelajaran.

Kualitas media ditentukan melalui proses penelitian yang ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas.

Data yang dikumpulkan  pengembangan media pembelajaran meliputi data validitas media, data kepraktisan media, dan data keefektifan media. Analisis tiap data dapat dijabarkan sebagai berikut. 
1. Data Validitas 
Validitas media pembelajaran diukur berdasarkan pendapat ahli sebagai validator. Validator ini memberikan skor untuk masing-masing pernyataan. Untuk validitas Buku Panduan Penggunaan Media, digunakan lembar validasi yang terdiri atas 15 item pernyataan. Skala pensekoran terdiri dari 4 pilihan, yaitu skor 1 (sangat kurang), skor 2 (kurang), skor 3 (baik), dan skor 4 (sangat baik). Begitu juga dengan validitas Media Pembelajaran, digunakan lembar validasi yang terdiri atas 10 item pernyataan. Skala pensekoran terdiri dari 4 pilihan, yaitu skor 1 (sangat kurang), skor 2 (kurang), skor 3 (baik), dan skor 4 (sangat baik). 

2. Data Kepraktisan 
Data tentang kepraktisan media diukur berdasarkan keterlaksanaan media pada ujicoba lapangan. Media dikatakan praktis apabila dapat digunakan secara praktis saat pembelajaran. Skor yang diperoleh untuk mengukur kepraktisan media berdasarkan pengamatan guru selama ujicoba di lapangan. Lembar keterlaksanaan ini terdiri dari 15 pernyataan. Skala pensekoran terdiri dari 4 pilihan, yaitu skor 1 (sangat kurang), skor 2 (kurang), skor 3 (baik), dan skor 4 (sangat baik). 

3. Data Efektivitas 
Efektivitas media pembelajaran diukur berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran yang dikembangkan. Data efektivitas media diperoleh dari data hasil belajar siswa. pada penelitian ini, hasil belajar yang dimaksud adalah keterampilan operasi hitung pecahan (penjumlahan dan perkalian).

Berikut contoh lembar validasi media (download)

(dikutip dari berbagai sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »