ONIP 2017

August 29, 2017

ONIP 2017

Tema
Pengembangan inovasi pembelajaran matematika untuk mewujudkan karakter guru pembelajar
Tujuan
  • Menggali ide/gagasan dan mengimplementasikan inovasi media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran matematika dalam rangka menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi abad 21.
  • Menyediakan wahana bagi guru dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan.
Sasaran Peserta
Guru Kelas SD atau Guru Matematika SMP, SMA, SMK atau yang sederajat di Indonesia.

Ruang Lingkup Produk Inovasi

Produk yang dilombakan dapat berupa
1. multimedia pembelajaran berbasis TIK (Komputer/Handphone/Kalkulator)
2. alat peraga matematika

Produk inovasi diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu pemahaman konsep atau penguatan konsep matematika dan mengasah kompetensi abad 21 yang meliputi :
  • keterampilan belajar dan berinovasi, yaitu keterampilan berkreasi dan berinovasi, berpikir kritis dan menyelesaikanmasalah, berkomunikasi dan berkolaborasi.
  • keterampilan teknologi informasi dan media, yaitu literasi informasi, literasi media, dan literasi ICT.
  • keterampilan hidup dan karir, yaitu kemampuan untuk bersikap fleksibel dan beradaptasi, inisiatif danmengarahkan diri sendiri, keterampilan sosial dan antar budaya, akuntabel dan produktif, kepemimpinan dan tanggung jawab.
Produk inovasi harus sesuai dengan jenjang mengajar peserta.
Bentuk produk inovasi meliputi:

1. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK.
Produk multimedia pembelajaran berbasis TIK dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri.
  • Untuk produk media bantu mengajar di kelas (misal bahan tayang PowerPoint, atau media interaktif seperti GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:
a. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
b. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan multimedia tersebut.

  • Untuk produk berupa media belajar mandiri wajib menyertakan:
a. Panduan penggunaan media belajar mandiri yang divideokan (dapat menggunakan screencast atau lainnya).
b. Penugasan/project yang diberikan pada siswa untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses belajar mandiri yang dilakukan menggunakan media
tersebut. Kelengkapan project siswa harus tercantum dengan jelas (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik penilaian project, dan lain-lain).
Contoh : Pengembangan Media PIPEDI (Pita Pecahan Dinamis) menggunakan GeoGebra

2. Pengembangan alat peraga matematika
  • Produk alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.
  • Produk alat peraga matematika wajib menyertakan:
a. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan
menggunakan produk inovasi tersebut.
b. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa
dalam menggunakan alat peraga matematika tersebut.
Contoh : Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Debit Air
Bagi Siswa SD


Kriteria Produk

  • Asli, belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat kabupaten/kota, regional nasional atau internasional.
  • Inovatif, hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi (jika berupa modifikasi wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi, serta dari mana asal produk asli sebagai dasar pengembangan).
  • Materi/isi merupakan materi pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
  • Merupakan hasil karya individu.
  • Karya dibuat dalam 2 tahun terakhir.
  • Satu peserta hanya diijinkan mengirimkan satu produk.

Kelengkapan Pengiriman Produk Lomba

  1. Produk Inovasi beserta seluruh komponennya (dapat dibaca pada bagian ruang lingkup produk inovasi)
  2. File/printout naskah laporan (format terlampir)
  3. File biodata peserta (format terlampir)
  4. File hasil scan/print out ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
  5. File hasil scan/print out surat pernyataan keaslian produk (format terlampir)
  6. File poster produk (dapat dibuat menggunakan software pengolah kata misal Office, atau software apapun) yang memuat foto dan profil singkat pengembang, foto/capture screen produk inovasi, dan tagline (kalimat) singkat tentang
    produk.

Kelengkapan produk dapat dikirim melalui pos dalam bentuk CD/DVD/Flash disk dan dokumen hardcopy ke Panitia ONIP d.a. PPPPTK Matematika Jl. Kaliurang KM 6 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Kodepos 55283 ; atau berupa file melalui email onip@p4tkmatematika.org. Seluruh kelengkapan agar dijadikan dalam bentuk satu file .zip/.rar dan diemail dengan subjek email NAMA_INSTANSI_NAMAPRODUK. 
Apabila ukuran file melebihi batas maksimal pengiriman email, dapat memanfaatkan fasilitas cloud storage (OneDrive, GoogleDrive, Dropbox, atau lainnya) kemudian membagikan link file melalui alamat email di atas. Untuk pengiriman melalui pos, peserta tetap diwajibkan mengirim kelengkapan nomor 2, 3, 5 dan 6 melalui email.
Khusus untuk produk inovasi alat peraga matematika, untuk kepentingan desk evaluation tidak perlu mengirimkan alat peraga matematika, namun dalam kelengkapan produk harus terdapat foto detail bentuk fisik alat peraga /video penjelasan tentang alat.

Alur Penilaian


Tahapan Kegiatan

  • Pengiriman Produk dan Seleksi Awal (paling lambat diterima panitia 6 Oktober 2017)
  • Desk Evaluation Produk Inovasi (9-19 Oktober 2017)
  • Pengumuman 35 Peserta Workshop Penilaian Final (20 Oktober 2017)
  • Workshop Penilaian Final (30 Oktober – 3 November 2017, tentative)

informasi lengkap dapat menghubungi:
Contact Us


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »