PTK Bahasa Indonesia

August 13, 2017
Penerapan Model Quantum Learning Berbantukan Media Koran dalam Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako

oleh 
Tamsiruddin, S.Pd*


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning berbantukan media koran dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan hakikat pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan, langkah-langkah pembelajaran menulis surat lamaran dengan model Quantum Learning berbantukan media koran, dan hasil evaluasi pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan.
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 SMA YPS Soroako. Data penelitian ini adalah surat lamaran pekerjaan yang ditulis oleh siswa yang dinilai berdasarkan kelengkapan unsur surat lamaran pekerjaan, diksi (pilihan kata), struktur kalimat, dan penggunaan ejaan bahasa Indonesia (EBI). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan memperoleh rerata nilai 80,2 yang termasuk dalam kategori baik dengan kelengkapan unsur surat lamaran pekerjaan dan struktur kalimatnya dengan kategori sangat baik, meskipun indikator penilaian diksi (pilihan kata) dan penggunaan ejaan masih dalam kategori cukup.
Kata kunci: model Quantum Learning, media koran, menulis, surat lamaran pekerjaaan

Berikut ini adalah penelitian PTK dengan judul "Penerapan Model Quantum Learning Berbantukan Media Koran dalam Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako"

[download disini]

Penulis


*Karya penulis termuat pada ANTOLOGI 10 KARYA TERBAIK DALAM SAYEMBARA PENULISAN KARYA ILMIAH KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN 2016

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »