Pada Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Standar
Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi inti guru adalah
menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Kompetensi inti
tersebut dijabarkan dalam tujuh kompetensi, yaitu: 1) memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran yang diampu, 2) menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang
penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu, 3) menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 4)
mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 5)
mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan
dengan mengunakan berbagai instrumen, 6) menganalisis hasil penilaian proses dan
hasil belajar untuk berbagai tujuan, dan 7) melakukan evaluasi proses dan hasil
belajar.
Memperhatikan tuntutan kompetensi guru pada Permendiknas di atas, dapat diketahui
bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah mengembangkan
instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Kompetensi ini tidak
terpisah dengan kompetensi lainnya.
Berbagai buku dan referensi lain yang membahas pengembangan instrumen masih
minim yang secara spesifik terkait mata pelajaran matematika.
Untuk mengisi
keterbatasan ini, melalui Program BERMUTU pada tahun 2010 PPPPTK Matematika
telah menyusun modul “Instrumen Penilaian Hasil Belajar Non Tes dalam
Pembelajaran Matematika di SD” dan “Penyusunan Instrumen Tes Pilihan Ganda
dalam Pembelajaran Matematika di SMP”.
Modul ini diharapkan dapat membantu
guru matematika baik SD maupun SMP dalam mengembangkan instrumen penilaian.
Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (ME) kegiatan BERMUTU 2010
sebagian anggota KKG/MGMP masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan
instrumen dan melakukan penilaian hasil belajar.
Dengan pertimbangan tersebut,
maka salah satu modul yang akan disusun pada Program BERMUTU PPPPTK
Matematika pada tahun 2011 ini adalah modul “Pengembangan Instrumen Penilaian
Pembelajaran Matematika SD/SMP”. Dengan adanya modul ini diharapkan dapat
memberikan tambahan wawasan tentang pengembangan instrumen penilaian
pembelajaran matematika bagi para guru matematika.
[download]
[download]
1 comments:
Write commentssuksma suhu
ReplyEmoticonEmoticon