PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/SMP

August 27, 2017



Pada Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi inti guru adalah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Kompetensi inti tersebut dijabarkan dalam tujuh kompetensi, yaitu: 1) memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu, 2) menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu, 3) menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 4) mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 5) mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen, 6) menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan, dan 7) melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

Memperhatikan tuntutan kompetensi guru pada Permendiknas di atas, dapat diketahui bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Kompetensi ini tidak terpisah dengan kompetensi lainnya. Berbagai buku dan referensi lain yang membahas pengembangan instrumen masih minim yang secara spesifik terkait mata pelajaran matematika.

Untuk mengisi keterbatasan ini, melalui Program BERMUTU pada tahun 2010 PPPPTK Matematika telah menyusun modul “Instrumen Penilaian Hasil Belajar Non Tes dalam Pembelajaran Matematika di SD” dan “Penyusunan Instrumen Tes Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Matematika di SMP”.

Modul ini diharapkan dapat membantu guru matematika baik SD maupun SMP dalam mengembangkan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (ME) kegiatan BERMUTU 2010 sebagian anggota KKG/MGMP masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan instrumen dan melakukan penilaian hasil belajar. 

Dengan pertimbangan tersebut, maka salah satu modul yang akan disusun pada Program BERMUTU PPPPTK Matematika pada tahun 2011 ini adalah modul “Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP”. Dengan adanya modul ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan tentang pengembangan instrumen penilaian pembelajaran matematika bagi para guru matematika.

[download

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments