Statistika untuk Penelitian

August 19, 2017


Salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan menyelenggaran penelitian. Penelitian bagi guru matematika sangat mungkin dilaksanakan dalam pembelajaran. Penelitian dalam pembelajaran matematika dipandang perlu karena guru hendaknya lebih mendalami penyebab permasalahannya secara kualitatif dan kuantitif di kelasnya. Harapannya dengan pendalaman sebab-sebab akan diperoleh solusi permasalahan dari hasil penelitianyang dilakukan, sehingga guru mendapatkan langkah-langkah jitu dalam meningkatkan kemampuan matematis dan prestasi belajar siswa. 

Peratuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya menegaskan guru wajib melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Salah satu kegiatan yang sesuai dengan kegiatan penelitian adalah publikasi ilmiah. Salah satu bentuk publikasi ilmiah adalah melaksanakan publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah pada pendidikan formal. Contohnya membuat karya tulis laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan disekolahnya. 

Penelitian masih dianggap sebuah permasalahan yang serius oleh guru dalam pelaksanaanya di satuan pendidikan. Hal ini dikarenakan minimnya pemahaman guru terhadap makna penelitian secara ilmiah. Salah satunya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Permasalahan yang sering dihadapi guru dalam melaksanakan PTK yaitu analisis data hasil penelitian dan interpretasi dalam tulisan ilmiah. Untuk membantu permasalahan analisa data maka disusun Modul Aplikasi Statistik Untuk Mendukung Penelitian Guru. Pada modul ini Anda akan mempelajari teknik pengolahan data hasil penelitian dengan berbagai aplikasi yang sering digunakan yaitu program Microsoft Excel, SPSS termasuk PSPP. 

Modul Statistika [download]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »