Pemanfaatan Aplikasi Ms Word dalam Pembelajaran

August 17, 2017
Lampiran Permendikbud No. 61 Tahun 2014, pada acuan konseptual Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dinyatakan bahwa salah satu acuan konseptual adalah Perkembangan Ipteks: “Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan di mana Ipteks sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. 

Pendidikan harus terus menerus melakukan penyesuaian terhadap perkembangan Ipteks sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan Ipteks.”

Untuk mendukung hal tersebut di atas terutama untuk penyiapan naskah matematika, guru dapat memanfaatkan berbagai program pengolah kata yang selama ini mungkin telah dikenal seperti Microsoft Word (selanjutnya disingkat Ms Word). 

Program ini dapat membantu guru untuk menyiapkan bahan ajar dan RPP maupun untuk mendukung proses pembelajaran matematika. Ms Word menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menuliskan simbol-simbol, notasi dan ekspresi matematika serta membuat gambar bangun-bangun matematika (titik, garis, bangun-bangun datar, bangun ruang, kurva, dan lain-lain) yang sering diperlukan di dalam naskah-naskah yang akan disiapkan oleh guru matematika. 

Selain fasilitas tersebut di atas, Ms Word juga mempunyai fasilitas yang mendukung untuk penulisan karya ilmiah dengan memanfaatkan Sitasi untuk mengelola daftar pustaka, serta fasilitas untuk melakukan review terhadap dokumen yang telah dibuat.

[download: klik gambar]

buku aplikasi word

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »