Penerapan Model Quantum Learning Berbantukan Media Koran dalam Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako

August 09, 2017
oleh 
Tamsiruddin, S.Pd*



Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Pelajaran bahasa Indonesia kadang dianggap sepele atau dipandang sebelah mata oleh siswa karena merupakan bahasa pertama mereka di rumah. Namun faktanya, masih banyak siswa yang belum mampu berkomunikasi atau mengungkapkan ide atau pikirannya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, khususnya sekolah menengah atas, terbagi atas dua aspek, yaitu kebahasaan dan kesastraan. Kedua aspek tersebut dikelompokkan dalam empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di kelas XII sesuai amanat kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah menulis surat lamaran pekerjaan untuk berbagai keperluan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi yang bersifat pribadi, surat ini ditulis oleh individu yang ditujukan kepada instansi tertentu dengan harapan dipenuhinya pekerjaan yang diinginkannya.

Media pemebelajaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Melalui media pembelajaran yang tepat, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan terbantu agar mudah dalam belajar. Media pembelajaran dapat dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik materi ajar yang akan disajikan.

Salah satu alternatif penulis untuk memudahkan siswa menulis surat lamaran berdasarkan iklan adalah menerapkan model Quantum Learning berbantukan media koran agar masalah-masalah yang dialami siswa pada kelas XI bisa diatasi di kelas XII IPA-2. Model Quantum Learning merupakan cara baru yang memudahkan proses belajar dengan memadukan unsur seni dan pencapaian terarah. Pada dasarnya, tahapan pembelajaran dengan model Quantum Learning dikenal dengan singkatan “TANDUR” yang merupakan kepanjangan dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan

Agar kesan alami atau nyata (real) tentang penulisan surat lamaran pekerjaan ini, peneliti menggunakan media koran, khususnya iklan lowongan pekerjaan, sebagai media pembelajaran. Hal ini tidak terlepas dari kondisi ekonomi dan budaya di sekitar SMA YPS Soroako yang merupakan daerah tambang dan sebagian lulusannya kelak akan kembali ke Sorowako menjadi karyawan PT Vale setelah lulus kuliah. Dengan kemapuan siswa memahami teknik penulisan lowongan pekerjaan berdasarkan iklan, siswa diharapkan dapat menerapakan kemampuan tersebut pada saat melamar kerja. Dengan demikian, tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai, yaitu menekankan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi daripada pembelajaran tentang sistem bahasa.

Berikut ini adalah penelitian PTK dengan judul "Penerapan Model Quantum Learning Berbantukan Media Koran dalam Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako"

[download disini]

Penulis


*Karya penulis termuat pada ANTOLOGI 10 KARYA TERBAIK DALAM SAYEMBARA PENULISAN KARYA ILMIAH KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN 2016

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »