Buku Literatur Matematika (Berbahasa Inggris)

July 16, 2017
Matematika merupakan muatan pelajaran yang universal. Materi-materi matematika yang bersifat abstrak memerlukan simbol-simbol dalam pengaplikasiaanya dalam kehidupan. Matematika telah berkembang sejamk ribuan tahun yang lalu. 

Para filsuf besar matematika telah mengembangkan olah pikirnya untuk menciptakan berbagai teorema yang akhirnya dapat membantu manusia hingga saat ini. 

Berbagai buku telah disusun untuk mengenal sejarah lahirnya ilmu matematika. Salah satunya berjudul The History of Mathematics yang ditulis oleh David M. Burton. Dalam bukunya membahas tentang Early Number Systems and Symbols. Bagi orang-orang yang menggemari matematika, mengenal sistem angka dan smbolnya merupakan hal dasar yang harus dipahami. Penting bagi kita untuk sering membaca buku yang mengupas tuntas tentang sejarah matematika. 

Setelah membaca buku ini, dapatkan pula buku matematika yang berjudul A Passion for Mathematics oleh CLIFFORD A. PICKOVER. Selain itu, jika berprofesi sebagai seorang guru, khususnya guru pendidikan dasar maka disarankan untuk membaca buku: 

Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally karya John A. Van de Walle (Late of Virginia Commonwealth University), Karen S. Karp (University of Louisville) dan Jennifer M. Bay-Williams (University of Louisville). 

Mathematics for Elementary Teachers, A Conceptual Approach karya Albert B. Bennett, Jr.(University of New Hampshire), Laurie J. Burton (Western Oregon University) dan L. Ted Nelson (Portland State University) 

Mathematics for Elementary Teachers, A Contemporary Approach yang ditulis oleh Gary L. Musser(Oregon State University), William F. Burger, Blake E. Peterson(Brigham Young University)

Elementary Geometry for College Students oleh Daniel C. Alexander (Parkland College) dan Geralyn M. Koeberlein (Mahomet-Seymour High School). Buku ini berisikan tentang bagaimana cara guru untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip geometry,dan pendekatan pembelajaran yang relevan bagi siswa yang belum mengenal geometry. 

Mathematics a practical Odyssey oleh DAVID B. JOHNSON dan THOMAS A. MOWRY(Diablo Valley College Pleasant Hill, California). Buku ii membahas tentang Logika Matematika, Peluang, statistika, geometry, fungsi, dan kalkulus.










Demikian beberapa buku sebagai bahan acuan dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »