Bagaimana Cara menjawab soal CAT

July 13, 2017
Klik Gambar
untuk latihan soal CPNS terbaru

Saat ini mulai marak berita tentang Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau sekarang dikenal sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Lolos ujian CPNS adalah tujuan setiap pelamar. Saat ini, info lowongan CPNS telah dibuka oleh beberapa instansi. Info lowongan CPNS terbaru ada di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

Ujian tes CPNS umumnya digelar dalam bentuk CAT (Computer Assisted Test). Sistem CAT merupakan terobosan baru untuk memperoleh hasil yang akurat untuk menentukan kualitas hasil lulusan pelamar CPNS. Dengan model CAT, profesionalisme CPNS dapat dipercaya dan dijamin standar kelulusannya dalam tes kompetensi dasar. Lantas, bagaimana cara lolos tes CPNS?

Lolos passing grade dalam tes TKD menjadi dasar kelulusan ke tahap selanjutnya pada tes CPNS. Menembuus passing grade diperlukan usaha yang maksimal bagi calon pelamar. Jika calon pelamar hanya mengandalakan keberuntungan, nampaknya itu kurang tepat. 

Yakinkan diri Anda untuk lolos CPNS dengan MURNI!

Saat ini, dengan transparansi penerimaan CPNS dengan sistem CAT, para pelamar telah mempersiapkan diri dengan matang. Banyak pelamar telah mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal TKD yang banyak tersebar di situs online. Selain mempelajari soal, pelamar perlu menguasai beberapa teknik belajar agar lulus tes TKD CPNS. Berikut beberapa paparan yang dapat admin berikan.

Pertama, temukan situs online tyang menyediakan tes CPNS secara online. Perhatikan, ONLINE. Ditekankan pada situs online cpns, karena tes CAT berbasisi komputer. Sehingga, pelamar harsu siap membaca soal di komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Seperti pengalaman sebelumnya, tes TKD terdiri dari 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Dengan latihan membaca di komputer (sangat disarankan PC/Laptop) mengingat yang digunakan menampilkan tes CPNS adalah perangkat komputer PC/Laptop. [ soal CPNS ]

Kedua, latihanlah dengan teratur dengan waktu yang tepat dan konsisten. Tepat artinya latihanlah secara konsisten di waktu yang sama. Biasanya pendaftaran CPNS telah dilakukan sekitar satu bulan sebelum waktu ujian. Dalam selang waktu sebulan, biasakanlah mengambil waktu yang “kira-kira " sama dengan waktu tes peserta saat ujian CAT yang sebenarnya. Mengapa waktu harus konsisten? Tujuannya melatih kemampuan mata beradapatsi dan membiasakan otak untuk bekerja pada waktu-waktu tersebut. Lantas,bagaimana jika waktu ujian tidak diketahui? Intinya, latihlah mata dan otak untuk bekerja di depan layar komputer secara teratur. Niscaya, koordinasi yang baik anatara mata dan otak dapat membantu anda dalam mengerjakan tes CPNS.

Ketiga, hindari sistem belajar semalam. Sebaiknya gunakan sistem blok. Artinya, materi Tes Kemampuan Dasar telah dibagi menjadi beberapa bagian soal antara lain Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Kepribadian, Tes Intelegensi Umum. Pelajarailah blok blok tes tersebut secara rutin. Anda dapat mengkombinasi soal latihan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kejenuhan anda sendiri. Soal TWK berkaitan dengan muatan materi kewarganegaraan, tes kepribadian lebih berkaitan dengan loyaitas, personal peserta terhadap instansi, dan tes intelegensi umum berkaitan dengan kemampuan peserta tentang logika, padanan kata, dan lebih dengan dengan tes IQ.

Keempat, mendekati jadwal ujian sebaikanya tempo membaca soal mulai dikurangi. Buatlah pikiran anda lebih rileks (bukan malas-malasan). Terlebih lagi sehari menjelang ujian, hindari belajar sampai larur malam, apalagi dini hari. Bagaimanapun juga, tubuh dan pikiran harus dalam kondisi fit saat ujian. Jangan sampai, ambisi mengausasi materi malah menurunkan kualitas daya tahan tubuh saat ujian. Ingat, tekanan pikiran saat ujian jauh lebih besar daripada saat latihan. Sehingga, tubuh anda harus dalam kondisi fit.

Kelima, sebagai umat beragama, berdoa dan berserahlah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penulis tekankan adalah berserah hasilnya kepadaNYA. Pastikan bahwa ketika anda berserah, anda telah bekerja secara optimal. 

Demikian beberapa informasi yang merupakan rangkuman pengalaman penulis selama mengikuti tes CPNS. Sebagi pelamar, anda harus memiliki kesiapan mental, “berhasil” atau “gagal” adalah bagian dari kompetisi. Harapan kita tentu agar lulus ujian CPNS. Namun ingat, setiap lowongan CPNS dibatasi oelh kuota peneriaman CPNS. Jika berhasil, tetaplah menjaga motivasi dan semangatmu ketika meraih CPNS dengan menjadi apartur negara yang siap melayani masyarakat. Dan, Jika Gagal, tetaplah mencoba lagi dan introspeksi diri dari kelemahan belajar yang telah dipersiapkan selama ini. Kemablilah memperlajari tes–tes online. Banyak situs yang dapat kalian pilih. Selamat mengikuti seleksi CPNS!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »