Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan disiplin ilmu lainnya. Menurut NCTM (2000), dalam belajar matematika siswa dituntut memiliki kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, komunikasi dan koneksi matematis. Kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah merupakan kemampuan esensial yang patut dikembangkan.
Pada konteks kurikulum, NCTM (2000) juga telah menentukan 5 Standar isi dalam standar matematika. Standar tersebut meliputi: bilangan dan operasinya, pemecahan masalah, geometri, pengukuran, peluang dan analisis data. Sejalan dengan itu, salah satu pkok bahasan matematika adalah faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil.
Sebagai pendidik, guru perlu menguasai teknik pembelajaran di kelas agar dapat dipahami siswa dan tidak menimbullkan miskonsep. Untuk itu, pada kesempatan ini admin bagikan modul yang membahas tentang bagaimana pembelajaran FPB dan KPK di sekolah.
Modul ini disusun oleh PPPPTK Matematika untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi guru SD dan
SMP di forum Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran
(MGMP), khususnya KKG dan MGMP yang dikelola melalui program BERMUTU
(Better Education through Reformed Management and Universal Teacher
Upgrading).
Semoga bermanfaat.[klik gambar]
Semoga bermanfaat.[klik gambar]
EmoticonEmoticon