Lomba Film Pendek Anak dan Remaja 2017

July 08, 2017

Tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Lomba Film Pendek 2017 Pendidikan Anak dan Remaja dengan Tema “ Kita Indonesia, Kita Berkarakter”. Lomba ini ini ditujukan kepada selauruh anak dan remaja yang berkewarganegaraan Indonesia dengan usia maksimal 21 tahun. Tentunya, anak dan remaja ini masih bersekolah di satuan pendidikan formal maupun nonformal (termasuk juga home schooling). Batas akhir pengumpulan karya adalah 28 Juli 2017 (lewat tenggat waktu otomatis didiskualifikasi). Ayo buruan!!!!!

Lantas apa saja ketentuannya? 
  • Peserta terdiri dari tim (minimal 3 orang, dan maksimal 6 orang) yang berperansebagai produser, penulis naskah, sutradara, audio, editor (pemain/cast tidak termasuk). Tiap tim ini hanya boleh mengirimkan 1 karya film, baik fiksi ataupun dokumenter yang bersifat asli dan belum pernah dikompetisikan. Peserta tidak dipungut biaya.
  • Film berdurasi maksimal 10 menit (termasuk opening dan credit title) tanpa jeda dengan menggunakan bahasa Indonesia. Jika menggunakan bahasa asing, wajib mencantumkan subtitle Bahasa Indonesia. Tema film relevan dengan ketentuan panitia.Karya film disimpan dalam DVD/USB dengan format MP4, AVI, MOV dengan resolusi minimal 720p/H264 
  • Jika ada kecurangan, panitia berhak mendiskualifikasi peserta. Untuk itu, sangat diharapkan sportivitas peserta. Dan, jika dikemudian hari terdapat gugatan hak cipta, panitia tidak bertanggung jawab. Sebab, sayarat film yang dilombakan adalah orisinil. 
  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, dan film terbaik diumumkan dan ditayangkan pada acara Apresiasi Pendidikan Keluarga Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, dan tersedia nantinya pada laman http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.
Mekanisme pengiriman karya 
  • Unduhlah formulir pendaftaran di laman http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
  • Formulir dapat dikirim dengan dua cara yaitu: Formulir yang telah diisi dan dilengkapi dengan fotocpy kartu identitas beserta hasil karya ke alamat: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Komplek Kemendikbud Gedung C Lantai 13 Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 Telepon 021 2527664
  • atau formulir yang telah lengkap discan dan dikirim ke filmanakdanremaja2017@gmail.com. Karya film telah diunggah ke youtube, dan link unggahan ditulis pada formulir.
Perhatikan kriteria penilaian berikut! 
  • Unsur penilaian meliputi kesesuai dengan tema dan durasi film. Jadi, peserta harus memperhatikan tema dan waktu (maksimal 10 menit). Selain itu, orisinalitas dan tingkat kemenarikan, kualtas gambar dan audio, serta penghayatan bermain film. 
  • Film yang dibuat tentunya tidak melanggar Standar Program Siaran (SPS) dan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3). 
  • Tak kalah pentingnya juga, karya film tidak boleh menyinggung, memicu terajdinya pertentangan, permusuhan antar agama, suku, ras dan antar golongan, tidak boleh menyebarkan ajaran tertentu, ideologi yang dilarang oleh ketentuan hukum di negara kesatuan republik Indonesia. Karena, tujuan lomba film ini adalah menanamkan nilai-nilai utama karakter bangsa.
Berapa hadiah lomba?
Hadiah total Rp. 128.000.000 . Untuk masing-masing kategori (pajak hadiah ditanggung pemenang):
Harapan 2 : Rp. 7.000.000
Harapan 1 : Rp. 9.000.000
Pemenang 3: Rp. 12.000.000
Pemenang 2 : Rp. 15.000.000
Pemenang 1 : Rp. 20.000.000

Catatan penting !!!! 
Dengan mengirimkan karya film pendek pada Lomba Film Pendek 2017 ini, peserta dianggap telah memahami dan mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat panitia. Jadi, bacalah dengan seksama segala ketentuan yang ada. 
Jika ada informasi yang kurang jelas, tanyakan langsung ke panitia Lomba Film Pendek Anak Remaja, nomor telepon 021-2527664 atau narahubung (Puspa: 0895330289202 dan Agus : 0895330289199), serta email subdit.anakremaja@gmail.com

Yukk!! Cek posternya disini!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »