OSN , Soal dan Pembahasan OSN SD

July 07, 2017

Mempersiapkan siswa dalam OSN adalah tugas guru. Keberhasilan siswa meraih juara dalam ajang olimpiade menjadi salah satu indikator keberhasil guru dalam proses belajar di kelas. Guru yang berhasil memberikan pembelajaran biasanya sangat dikenang oleh siswa. Terlebih lagi, siswa mencapai hasil optimal selama menempuh pendidikan di sekolah. Keberhasilan itu dapat berupa memenangkan kompetisi akademik maupun non akdemik. Pola pembinaan yang tepat merupakan kunci keberhasilan dalam meraih prestasi dalam berbagi bidang. Salah satu caranya adalah dengan pelibatan alumni. Pelibatan alumni dapat membangun minat berprestasi siswa. Hal ini disebabkan, karena alumni telah memiliki pengalaman yang diperoleh secara langsung sehingga mereka dapat berbagi solusi dalam menghadapi berbagai kompetisi. Jadi, melibatkan alumni dalam kegiatan pelatihan adalah salah satu tips meraih prestasi.

Olimpiade Sains Nasional

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. OSN bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada bidang Matematika dan IPA, dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah (SD, SMP, SMA) secara komprehensif melalui upaya menubuhkembangkan budaya belajar, motivasi kreativitas meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sprortivitas. OSN Tingkat SD diselenggarakan dengan tujuan antara lain: 

  • Sebagai wahana bagi siswa tingkat sekolah dasar mengembangkan minat dan bakat pada bidang matematika dan IPA sehingga siswa dapat menunjukkan inovasi dan kreasi sesuai kemampuannya.
  • Ajang untuk memberikan motivasi berprertasi bagi siswa sekolah dasar agar terpacu meningkatkan kemmapuan intelektual spriritual, emosional berdasarkan aturan kompetisi yang sehat. 
  • OSN juga merupakan wadah untuk menjaring, memperoleh calon peserta International Mathematic and Science Olympiad (IMSO) 
  • Memotivasi guru/sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan pada instrasinya masing-masing.

Tahapan seleksi OSN Tingkat SD Tahun 2017 telah dilaksanakan. Tahapan dimulai dari tingkat sekolah dasar, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Untuk tingkat nasional akan diselenggarakan pada bulan Juli 2017. Mengingat ketatnya kompetisi ini, guru diharapkan mampu mempersiapkan siswa terbaik agar dapat lolos pada tiaptahapan seleksi. Di tingkat nasional, siswa yang berkompetisi berasal dari 34 provinsi. Penghargaan OSN disediakan dalam beberapa bentuk. Pertama, terdapat 3 tropi untuk katagori hasil teori terbaik ( best theory), eksplorasi terbaik (best exploration), dan peserta terbaik (best overall) untuk masing-masing bidang, Matematika dan IPA. Kedua, tiap bidang (Matematika dan IPA) disediakan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu. Seluruh peserta yang memdapatkan medali (emas, perak, ataupun perunggu) akan mendapatkan piagam pengharagaan serta uang pembinaan dari penyelenggara. Sedangkan, bagi peserta yang tidak meraih medali akan diberikan sertifikat peserta kegiatan OSN tingkat Nasional.

Umumnya, pada olimpiade sains nasional memuat 20% soal yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar soal. Sehingga, penting bagi guru untuk memberikan latihan soal berbahasa Inggris kepada siswanya. Pada Bidang Matematika, soal mengacu pada kurikulum SD/MI dengan materi umum yaitu Bilangan, Aritmatika, Geomeri, Data dan Pengukuran. Sedangkan bidang IPA, siswa harus mampu memahami dan menganalisis fenomena alam yang etrjadi disekitarnya. Materi yang terkait antara lain: mengklasifikasikan makhluk hidup, proses dan mekanisme pada makhluk hidup, interaksi oragnisme dengan lingkungan, informasi tentang hewan langka, isu tentang kesehatan, lingkungan, dan teknologi, sifat-sifat benda (gas, cir, padat), energi dan perubahannya, serta tata surya (galaksi)

Mengingat betapa bergengsinya ajang Olimpiade Sains Nasional ini, guru diharapkan mampu mempersiapkan sejak dini peserta yang akan dikrim untuk mengikuti ajang OSN di tahun mendatang. Peserta yang dapat dikirim berasal dari siswa kelas IV atau V (usia maksimal 12 tahun). Sesuai dengan penyelenggaran sebelumnya, soal OSN terdiri dari soal ekplorasi, isian singkat dan uraian.

Pada postingan ini, penulis melampirkan beberapa contoh soal olimpiade khususnya Matematika.
Selamat berkreativitas!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »