Artikel SendiMat PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Prosiding adalah hasil dari konferensi ilmiah. Prosiding berisi makalah-makalah yang telah dipresentasikan. Seperti halnya, prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematik (SendiMat) Tahun 2013. Dalam prosiding terdapat makalah-makalah ini telah direview dan dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) 2013 pada tanggal 13 – 14 November 2013 yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika.
Berikut
ini makalah yang terdapat pada prosiding SendiMat 2013.
- Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Scientific
- Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI Perhotelan SMKN 3 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014
- Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head Together) untuk Meningkatkan Keaktifan pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta
- Proses Berpikir Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Ganda
- Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS.3 SMA 1 Sragi Semester 2 Tahun 2012/2013
- Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Yogyakarta melalui Pembelajaran Kooperatif Problem Posing
- Implementasi Kriteria Persentil (P90, P95 Dan P99) untuk Analisis Kondisi Ekstrem di Daerah Berpola Curah Hujan Monsunal dan Lokal di Indonesia
- Penggunaan Media Jejaring Sosial dan Dampaknya: Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kendal
- Bus Micruled (Budaya Sekolah melalui Constructivist Learning Design) dengan Point+ (Penugasan, Observasi, Interview, Note, Presentasi, Plus Penghargaan) sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kreatif Matematis pada Materi Hitung Keuangan Siswa Kelas XII PS SMK Negeri 1 Kendal
- Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills pada Materi Aritmetika Sosial
- Pembelajaran Keliling Bangun Datar menurut Standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dengan Setting Kooperatif pada Siswa Kelas III SDN 8 Karangharjo
- Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Siswa Kelas XII TKJ 1 di SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014
- Diklat Online: Salah Satu Upaya PPPPTK Matematika Meningkatkan PKB Guru
- Penggunaan Permainan Kartu Dominik dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar di Kelas IX UPTD SMPN 18 Tangerang
- Pembelajaran Matematika Realistik Berkonteks Selendang Toh Watu pada Materi Luas Daerah Persegi Panjang di Kelas III SD 1 Purworejo Kudus
- Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Media Visual di Kelas V SD Negeri 09 Kotapadang Kabupaten Rejang Lebong
- Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Strategi React terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman, dan Penalaran Matematis Siswa SMP
- Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA?
- Pemanfaatan Website Support sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Pembelajaran Matematika
- Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem
- Telaah Bahan Ajar Matematika Kurikulum 2013 terhadap Literasi Matematika Siswa
- SMP (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 Di SMPN 8 Tangerang)
- Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa
- Penerapan Pembelajaran Matematika Model CPS Berbantuan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK
- Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dengan Metode Bekerja Mundur untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X7 SMA Negeri 1 Singaraja
- Matematika Ada di Kalender (Kalender Masehi sebagai Konteks Pembelajaran Matematika)
- Kurikulum Pembelajaran Matematika Abad 21: Pentingnya Penerapan TIK
- Permainan Congklak sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung pada Siswa Slow Learner
- Implementasi Pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Malang
- Siklus II Pengembangan Pembelajaran Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik
- Alternatif Pembelajaran Geogebra (Sebuah Studi Kasus)
- Identifikasi Curah Hujan Ekstrim di Kota Malang dengan Menggunakan Metoda
- POT ( Peaks Over Threshold)
- CL-Star sebagai Model Pembelajaran Alternatif dalam Implementasi Kurikulum 2013
- Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi React pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa
- Karakteristik Tahapan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal
- Student Teams Achievement Devision (STAD) Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Luas dan Volum Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII B SMP Muahammadiyah 9 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012
- Analisis Persepsi Guru tentang Impelementasi Kurikulum 2013 di Nusa Tenggara Timur
- Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
- Pemanfaatan Media Pembelajaran Multimedia CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Peningkatan Karakter Keingintahuan dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik melalui Model TPS di Kelas VII A SMP Negeri 10 Semarang Tahun 2012
- Implementasi Pembelajaran Matematika Hijau dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Guna Mengembangkan Sikap Cinta Lingkungan pada Siswa SMAN 1 Keumala
- Pembinaan Olimpiade Matematika Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Menengah Atas
- Peningkatan Kemampuan Guru Matematika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Implementasinya di Kelas melalui Supervisi Individual Pendekatan Kolaboratif pada SMA Binaan di Baturaja
- Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Trigon-NR untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X di SMA N 1 Jatibarang
- Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga dan Kurikulum 2013 untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII di Provinsi Gorontalo
- Tinjauan Kompetensi Guru SMK dalam Implementasi Kurikulum 2013
- Open-Ended Problems Berbasis Kurikulum 2013
- Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme
- Pramuka sebagai Salah Satu Pendekatan Tematik Intregatif dalam Kurikulum 2013
- Implementasi Lesson Study melalui Model Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mahasiswa
- Pemakaian Alat Peraga Garis Bilangan untuk Operasi Penjumlahan dan Inversnya
- Ethnomathematics Sasak (Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara)
- Kolaborasi Antara Penemuan Terbimbing dengan Permainan Simulasi Matematika Berbantuan Alat Peraga Grafik Magnet Geser (GMG) dan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga
- Penerapan Program Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas XII-IPA5 (Akselerasi) di SMA Negeri 1 Sedayu dalam Materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2013/2014
- Efektivitas Penggunaan Media Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 sebagai Alat Bantu Mengajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
- Mengembangkan Sendiri Soal Matematika Model Pisa
- Menentukan Luas Bangun Datar Menggunakan Determinan
- Peningkatan Kecakapan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat dengan Media Papan Mesir Klasik
- Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Topik Grafik Fungsi Siswa Kelas VIII G SMP N 1 Yogyakarta dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD)
- Penggunaan LKS Terstruktur pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat
- Menggunakan Ubin Aljabar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Perkalian dan Pemfaktoran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 11 Bulukumba
- Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Pundong
- Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Operasi Matriks melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Alat Peraga Kartu Matriks di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2013/2014
- Mempertimbangkan PWWs dalam Pembelajaran Matematika
- Pendekatan Kualitatif dalam Penilaian Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013
- Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Geogebra pada Topik Grafik Fungsi Kuadrat
- Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Cooperative Learning Think Pair Share (TPS)
- Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika
- Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pasca Praktek Kerja Industri dengan Model Quantum Learning pada Siswa Kelas XII TKPI 1 SMK N 1 Temon Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014
- Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014
- Eksplorasi Attributive Benda Semi Konkrit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Operasi Hitung
- Model Snowball Throwing dalam Pemecahan Masalah Pecahan
- Pengintegrasian Permainan Rakyat Riau (Setatak) dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Pengembangan Pendidikan Karakter
- Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika
- Analisis Komentar Guru pada Sesi Refleksi Siklus Lesson Study Menggunakan Reflection Rubric
- Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Head Together (NHT) di SMK N 1 Pandak Kelas X THP1
- Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Peluang Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Banguntapan Tahun Pelajaran 2013/2014
- Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Proposal Ptk Melalui Supervisi Akademik Dengan Lembar Kerja
- Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Geometri Bidang
- Pengembangan Media Permainan Tac Tic Toe yang Efektif dan Praktis untuk Membantu Siswa SD Negeri Susukan 01 Menghafal Fakta Dasar Perkalian
- Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Inkuiri untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa
- Diklat Jarak Jauh Online Solusi Alternatif Peningkatan Kompetensi Guru Matematika
- Desain Pembelajaran Berbasis PMRI untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa
- Kerangka Kerja Evaluasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Berbasis Sekolah
- Model Kegiatan Olimpiade Matematika di Sekolah dalam Rangka Pengoptimalan Potensi Siswa Berbakat Matematika (Contoh Kegiatan Pembinaan Olimpiade Matematika di SMP Negeri 8 Yogyakarta)
- Teknik Dasar Mencacah untuk Memahami Materi Kombinatorika dalam Olimpiade Matematika
- Analisis Pemikiran Matematika dan Nilai Karakter pada Permainan Ligu (Permainan Rakyat Daerah Indragiri Hilir Propinsi Riau)
- Pemahaman Mahasiswa tentang Persamaan Diferensial Biasa
- Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Permainan Balap Katak
- Self Regulation dalam Metakognisi Siswa sebagai Alat Bantu Pendidikan Karakter pada Matematika Sekolah
EmoticonEmoticon