Artikel Sendimat P4TK Matematika

July 19, 2017

Artikel SendiMat PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Prosiding adalah hasil dari konferensi ilmiah. Prosiding berisi makalah-makalah yang telah dipresentasikan. Seperti halnya, prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematik (SendiMat) Tahun 2013. Dalam prosiding terdapat makalah-makalah ini telah direview dan dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) 2013 pada tanggal 13 – 14 November 2013 yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika.

Berikut ini makalah yang terdapat pada prosiding SendiMat 2013.
  1. Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Scientific
  2. Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI Perhotelan SMKN 3 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014
  3. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head Together) untuk Meningkatkan Keaktifan pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta
  4. Proses Berpikir Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Ganda
  5. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS.3 SMA 1 Sragi Semester 2 Tahun 2012/2013
  6. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Yogyakarta melalui Pembelajaran Kooperatif Problem Posing
  7. Implementasi Kriteria Persentil (P90, P95 Dan P99) untuk Analisis Kondisi Ekstrem di Daerah Berpola Curah Hujan Monsunal dan Lokal di Indonesia
  8. Penggunaan Media Jejaring Sosial dan Dampaknya: Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kendal
  9. Bus Micruled (Budaya Sekolah melalui Constructivist Learning Design) dengan Point+ (Penugasan, Observasi, Interview, Note, Presentasi, Plus Penghargaan) sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kreatif Matematis pada Materi Hitung Keuangan Siswa Kelas XII PS SMK Negeri 1 Kendal
  10. Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills pada Materi Aritmetika Sosial
  11. Pembelajaran Keliling Bangun Datar menurut Standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dengan Setting Kooperatif pada Siswa Kelas III SDN 8 Karangharjo 
  12. Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Siswa Kelas XII TKJ 1 di SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 
  13. Diklat Online: Salah Satu Upaya PPPPTK Matematika Meningkatkan PKB Guru
  14. Penggunaan Permainan Kartu Dominik dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar di Kelas IX UPTD SMPN 18 Tangerang 
  15. Pembelajaran Matematika Realistik Berkonteks Selendang Toh Watu pada Materi Luas Daerah Persegi Panjang di Kelas III SD 1 Purworejo Kudus 
  16. Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Media Visual di Kelas V SD Negeri 09 Kotapadang Kabupaten Rejang Lebong  
  17. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Strategi React terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman, dan Penalaran Matematis Siswa SMP 
  18. Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA? 
  19. Pemanfaatan Website Support sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Pembelajaran Matematika 
  20. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem
  21. Telaah Bahan Ajar Matematika Kurikulum 2013 terhadap Literasi Matematika Siswa
  22. SMP (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 Di SMPN 8 Tangerang) 
  23. Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa 
  24. Penerapan Pembelajaran Matematika Model CPS Berbantuan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK 
  25. Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dengan Metode Bekerja Mundur untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X7 SMA Negeri 1 Singaraja 
  26. Matematika Ada di Kalender (Kalender Masehi sebagai Konteks Pembelajaran Matematika) 
  27. Kurikulum Pembelajaran Matematika Abad 21: Pentingnya Penerapan TIK 
  28. Permainan Congklak sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung pada Siswa Slow Learner 
  29. Implementasi Pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Malang
  30. Siklus II Pengembangan Pembelajaran Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik
  31. Alternatif Pembelajaran Geogebra (Sebuah Studi Kasus) 
  32. Identifikasi Curah Hujan Ekstrim di Kota Malang dengan Menggunakan Metoda
  33. POT ( Peaks Over Threshold) 
  34. CL-Star sebagai Model Pembelajaran Alternatif dalam Implementasi Kurikulum 2013 
  35. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi React pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa 
  36. Karakteristik Tahapan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal 
  37. Student Teams Achievement Devision (STAD) Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Luas dan Volum Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII B SMP Muahammadiyah 9 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012 
  38. Analisis Persepsi Guru tentang Impelementasi Kurikulum 2013 di Nusa Tenggara Timur 
  39. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia 
  40. Pemanfaatan Media Pembelajaran Multimedia CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 
  41. Peningkatan Karakter Keingintahuan dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik melalui Model TPS di Kelas VII A SMP Negeri 10 Semarang Tahun 2012 
  42. Implementasi Pembelajaran Matematika Hijau dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Guna Mengembangkan Sikap Cinta Lingkungan pada Siswa SMAN 1 Keumala 
  43. Pembinaan Olimpiade Matematika Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Menengah Atas 
  44. Peningkatan Kemampuan Guru Matematika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Implementasinya di Kelas melalui Supervisi Individual Pendekatan Kolaboratif pada SMA Binaan di Baturaja 
  45. Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Trigon-NR untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X di SMA N 1 Jatibarang
  46. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga dan Kurikulum 2013 untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII di Provinsi Gorontalo 
  47. Tinjauan Kompetensi Guru SMK dalam Implementasi Kurikulum 2013 
  48. Open-Ended Problems Berbasis Kurikulum 2013 
  49. Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme 
  50. Pramuka sebagai Salah Satu Pendekatan Tematik Intregatif dalam Kurikulum 2013 
  51. Implementasi Lesson Study melalui Model Cooperatif Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mahasiswa 
  52. Pemakaian Alat Peraga Garis Bilangan untuk Operasi Penjumlahan dan Inversnya 
  53. Ethnomathematics Sasak (Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara) 
  54. Kolaborasi Antara Penemuan Terbimbing dengan Permainan Simulasi Matematika Berbantuan Alat Peraga Grafik Magnet Geser (GMG) dan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga 
  55. Penerapan Program Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas XII-IPA5 (Akselerasi) di SMA Negeri 1 Sedayu dalam Materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2013/2014 
  56. Efektivitas Penggunaan Media Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 sebagai Alat Bantu Mengajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika 
  57. Mengembangkan Sendiri Soal Matematika Model Pisa 
  58. Menentukan Luas Bangun Datar Menggunakan Determinan 
  59. Peningkatan Kecakapan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat dengan Media Papan Mesir Klasik 
  60. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Topik Grafik Fungsi Siswa Kelas VIII G SMP N 1 Yogyakarta dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD) 
  61. Penggunaan LKS Terstruktur pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat 
  62. Menggunakan Ubin Aljabar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Perkalian dan Pemfaktoran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 11 Bulukumba 
  63. Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Pundong 
  64. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Operasi Matriks melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Alat Peraga Kartu Matriks di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2013/2014 
  65. Mempertimbangkan PWWs dalam Pembelajaran Matematika  
  66. Pendekatan Kualitatif dalam Penilaian Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013 
  67. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Geogebra pada Topik Grafik Fungsi Kuadrat 
  68. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) 
  69. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika 
  70. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pasca Praktek Kerja Industri dengan Model Quantum Learning pada Siswa Kelas XII TKPI 1 SMK N 1 Temon Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014
  71. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 
  72. Eksplorasi Attributive Benda Semi Konkrit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Operasi Hitung 
  73. Model Snowball Throwing dalam Pemecahan Masalah Pecahan 
  74. Pengintegrasian Permainan Rakyat Riau (Setatak) dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Pengembangan Pendidikan Karakter 
  75. Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika 
  76. Analisis Komentar Guru pada Sesi Refleksi Siklus Lesson Study Menggunakan Reflection Rubric 
  77. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Head Together (NHT) di SMK N 1 Pandak Kelas X THP1 
  78. Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Peluang Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Banguntapan Tahun Pelajaran 2013/2014 
  79. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Proposal Ptk Melalui Supervisi Akademik Dengan Lembar Kerja 
  80. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Geometri Bidang 
  81. Pengembangan Media Permainan Tac Tic Toe yang Efektif dan Praktis untuk Membantu Siswa SD Negeri Susukan 01 Menghafal Fakta Dasar Perkalian 
  82. Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Inkuiri untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa 
  83. Diklat Jarak Jauh Online Solusi Alternatif Peningkatan Kompetensi Guru Matematika 
  84. Desain Pembelajaran Berbasis PMRI untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa 
  85. Kerangka Kerja Evaluasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Berbasis Sekolah
  86. Model Kegiatan Olimpiade Matematika di Sekolah dalam Rangka Pengoptimalan Potensi Siswa Berbakat Matematika (Contoh Kegiatan Pembinaan Olimpiade Matematika di SMP Negeri 8 Yogyakarta)  
  87. Teknik Dasar Mencacah untuk Memahami Materi Kombinatorika dalam Olimpiade Matematika
  88. Analisis Pemikiran Matematika dan Nilai Karakter pada Permainan Ligu (Permainan Rakyat Daerah Indragiri Hilir Propinsi Riau) 
  89. Pemahaman Mahasiswa tentang Persamaan Diferensial Biasa 
  90. Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Permainan Balap Katak 
  91. Self Regulation dalam Metakognisi Siswa sebagai Alat Bantu Pendidikan Karakter pada Matematika Sekolah


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »